Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, MSi sangat mengapresiasi akan digelarnya Pekan Kebudayaan India


Medan, www.jejakkasus.info -,
pada 1-7 Nopember mendatang. Sebab, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Perayaan Deepawali itu tentunya semakin mengukuhkan keberagaam budaya yang ada di ibukota Provinsi Sumatera. Di samping itu diharapkan semakin mendukung geliat pariwisata di Kota Medan.

Apresiasi disampaikan Wali Kota ketika menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) India di Medan Dr. Shalia Shah di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (16/10). Apalagi ungkap Wali Kota, Pekan Kebudayaan India akan dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan yang sangat menarik seperti Festival Makanan India, pameran wisata, bazar serta Festival Film Bollywood.

“Yang manarik lagi, Pekan Kebudayaan India berdasarkan informasi yang kami terima akan dimeriahkan dengan kehadiran sejumlah artis dari India. Tentunya ini sangat menarik perhatian, tidak hanya warga Kota Medan, tetapi juga luar Kota Medan. Oleh karenanya kita harapkan dengan digelarnya Pekan Kebudayaan India mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,” kata Wali Kota.

Atas dasar itulah Wali Kota didampingi Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono, Kadis Kebudayaan Suherman, Kabag Hubungan Kerjasama Rivai Nasution dan Kabag Humas Ridho Nasution, berharap agar Pekan Kebudayaan India rutin digelar sehingga masuk menjadi salah satu kalender wisata Kota Medan.

Apalagi papar Wali Kota, Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata juga akan menggelar Gelar Melayu Serumpun (Gemes) pada bulan Nopember. Oleh karenanya mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu mengajak Konjen India untuk ikut bergabung dalam penyelenggaraan Gemes tersebut.

"Di bulan Nopember nanti, Pemko Medan akan menggelar Gemes. Jika berkenan nantinya, Pekan Kebudayaan India boleh bergabung dalam kegiatan tersebut. Tentunya ini akan semakin meriah, sebab kita akan menampilkan dua kebudayaan sekaligus yakni Melayu dan India,” jelas Wali Kota.

Sementara itu menurut Konjen India Dr. Shalia Shah, selain bersilaturahmi, kehadiran mereka untuk mengundang Wali Kota menghadiri Pekan Kebudayaan India. Kegiatan yang berlangsung selama sepekan itu direncanakan akan dibuka pada 2 Nopember. “Selain menggelar Festival Makanan India, Pameran Wisata, Bazar dan Festival Film Bollywood. Selain itu hadir juga artis dari India yang akan memeriahkan acara tersebut,” jelas Shalia.

Di samping itu Shalia juga mengharapkan Pemko Medan dapat berpartisipasi di Pekan Kebudayaan India. “Jadi kita sangat mengharapkan Pemko Medan bisa ikut berpartisipasi. Itu sebabnya untuk tempat penyelenggaraan akan disesuaikan dengan Pemko Medan,” harapnya.

Dijelaskan Shalia, Pekan Kebudayaan India ini pertama kalinya digelar di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan. Sedangkan di Indonesia, kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kota Bandung dan berjalan dengan sukses. Oleh karenanya dia berharap dukungan penuh Pemko Medan sehingga perhelatan Pekan Kebudayaan India berjalan sukses dan lancar.

Sebagai penutup kunjungan yang dilakukan, Shalia menyampaikan apresiasinya kepada Pemko Medan karena setiap tahunnya menggelar Perayaan Deepawali di Kota Medan. “Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kami, sebab banyak etnis India yang tinggal di Kota Medan. Oleh sebab itu Pekan Kebudayaan India tentunya akan mendapatkan respon yang baik bagi warga Kota Medan" pungkasnya.

Setelah itu Wali Kota di tempat yang sama juga menerima kunjungan panitia Fun Bike 2018 dipimpin Branch Manajer Indomaret, Muhammad Lukman. Kepada Wali Kota, Lukman akan menggelar Fun Bike di Istana Maimun, Minggu (28/10). Selain mengajak warga gemar berolahraga, kegiatan yang digelar untuk menyambut sekaligus memeriahkan Hari Sumpah Pemuda.

"Kami berharap Bapak Wali Kota bisa hadir sekaligus membuka Fun Bike 2018. Event ini sudah kita gelar ketiga kalinya dan telah mendapat respon yang baik dari masyarakat Kota Medan. Diperkirakan peserta yang hadir berjumlah 3500 orang dan kita akan menyediakan doorprize. Di samping itu kita juga mengadakan fun aerobik, donor darah serta bazar,” jelas Lukman.
(Okta Ndraha)
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel