Salurkan Bantuan 252 Alsintan, Petani Diharapakan Bisa Tanam Padi Tiga Kali Dalam Setahun.



Dalam upayah untuk menlancarkan serta mempermudah petani dalam mengelola lahan dan hasil pertanian, Pmerintah Kabupaten Kaur melalui Dinas Pertanian kembali salurkan bantuan Alsintan kepada petani, sebanyak 252 Alsintan dengan berbagai jenis diserahkan langsung oleh Bupati Kaur Gusril Pausi S. Sos, kepada Kelompok Tani dihalaman kantor Dispertan Kaur Selasa (03/09/18), dengan harapan musim tanam dapat dilakukan tiga kali dalam satu tahun.

Kelompok penerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) tersebut telah melalui verifikasi oleh petugas Dinas Pertanian dan yang terpilih betul betul ke kelompok tani mempunyai hamparan, jelas Kepala Dinas Pertanian Nasrur Rhaman S.Hut dalam sambutannya.

Disampaikannya lebih kanjut, jumlah bantuan Alsintan tahun 2018 berjumlah 252 unit terdiri dari berbagai jenis mulai dari hand traktor mini, mesin peruntuk padi, hand spayer elektrik dan Ekskavator ,selain disalurkan kepada kelompok tani hamparan, sejumlah Alsintan juga diberikan kepada Bregade Alsintan Dinas Pertanian.

"Dengan telah disalurkannya bantuan Alsintan ini saya berharap agar kelompok penerima bantuan dapat merawat dan menjaganya dengan baik, dan setelah adanya bantuan ini diharapkan kepada petani dapat melakukan bercocok tanam tiga kali dalam setahun," ujarnya.

Orang yang telah mempunyai segudang pengalaman di Dinas Pertanian ini mengatakan, kedepannya jumlah Alsintan akan dilakukan penambahan tidak hanya pada kelompok tani, tapi kelengkapan juga akan dilakukan pada Brigade Alsintan.

Sementara Bupati Kaur Gusril Pausi S.Sos dalam mengawali sambutannya mengucapkan selamat kepada kelompok tani yang terpilih sebagai penerima bantuan Alsintan 2018, setelah melalui proses verifikasi oleh petugas Dinas Pertanian.

Orang nomor satu di kaur ini berpesan, agar jajaran kepengurusan beserta anggota kelompok tani penerima bantuan dapat memanpaatkan Alsin tersebut semaksimal mungkin supaya hasil produksi panen meningkat.

Selain itu disampaikannya dalam pemakaian Alsintan itu sendiri masyarakat petani dapat saling melengkapi dengan cara pinjam pakai antar poktan.

Untuk mewujudkan keberhasilan dalam pengelolaan lahan tentunya dibutuhkan pendampingan oleh petugas," Saya berharap agar para petugas penyuluh pertanian dapat selalu aktif dalam melakukan pedampingan serta bimbangan kepada petani, agar dapat mengetahui apa saja kekurangan yang dibutuhkan oleh petani," ujarnya.

Setelah pembagian Alsintan selesai, acara yang di hadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian Provinsi tersebut lanjutkan dengan kegiatan diskusi tentang kebutuhan pupuk, cara menggunakan serta merawat alsintan dan arahan tentang larangan alih fungsi lahan pertanian.(Iwan)
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel