Melalui Bursa Inovasi, Membangun Desa Dengan Kreatif Dan Inovatif.


WWW.JEJAKKASUS.INFO | Kabupaten Kaur Gelar Bursa Inovasi Tingkat Kabupaten tahun 2018, kegiatan dibuka oleh Sekda Kaur Nandar Munadi S.Sos M. Si bertempat di Gedung Serba Guna Pemda Senin (8/10/18).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa ( DPMPD ) Asmawi A, Ag koordinator Inovasi Desa mengatakan bahwa Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan pembangunan desa khususnya melalui program Dana Desa agar tepat guna tepat sasaran dengan menitik beratkan kegiatan pada pemberdayaan.PID diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), PID untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dalam mengemban rencana dan pelaksanaan pembangunan desa yang inovatif berkualitas

"Bursa inovasi bertujuan untuk memacu gerak langkah kerangkah pembangunan desa melalui program Dana Desa yang kreatif dan inovatif melalui kegiatan kegiatan pemberdayaan" ujarnya

Sementara itu Bupati Kaur Gusril Pausi S. Sos M. Si dalam hal ini disampaikan Sekda Nandar Munadi S. Sos M. Si, dalam sambutannya mengatakan program inovasi merupakan program Kemendes PDTT dengan tujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah tingkat desa dengan memanfaatkan pengunaan Dana Desa yang berkualitas.

Selain itu dengan PID diharapkan desa dapat mengembangkan kapasitas desa yang berkelanjutan dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dengan memanfaatkan potensi unggulan yang ada didesa.

"Melalui kegiatan ini diharapkan Pemerintah Desa dapat lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan kegiatan pembangunan melalui program Dana Desa dengan memanfaatkan potensi unggulan yang ada, dengan PID ini diharapkan kepada desa dalam melakukan pembangunan melalui Dana Desa agar lebih memprioritaskan kegiatan pemberdayaan dengan memperhatikan potensi unggulan yang ada di desa, sebab selama ini pembangunan melalui Dana Desa hanya di Fokuskan pada kegiatan fisik" ujarnya.

Kegiatan Bursa Inovasi Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna tersebut di ikuti oleh 576 peserta dari unsur Pemerintahan Desa, Kepala Desa, BPD, pihak Kecamatan dan Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Kaur.(Iwan)
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel