DD Tahap III Terancam Tidak Dapat Terserap 100 % Di Tahun 2018.


WWW.JEJAKKASUS.INFO | Realisasi anggaran Dana Desa terancam tidak akan bisa terserap 100 % ditahun anggaran 2018 ini, pasalnya hingga kini dari 192 desa di Kabupaten Kaur baru 25% yang sudah menyampaikan SPJ realisasi penyerapan pengunaan keuangan tahap 60% secara lengakap ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, hal itu menyebabkan pencairan tahap ke III kembali molor.

Hal diatas disampaikan Satria Pinandita S, Ip Kabid Bina Pemerintah Desa dan Kelurahan Rabu (17/10/18), menurutnya pencairan Dana Desa untuk tahap III 40% terakhir akan sulit tercapai 100% ditahun anggaran 2018 ini, hal itu dikarenakan masih minimnya jumlah desa yang sudah menyampaikan Surat Pertanggung jawaban SPJ serapan dana tahap 60% pertama.

"Sampai kini laporan SPJ dari desa yang masuk ke DPMD diperkirakan baru 25%, dari 192 desa yang ada di Kabupaten Kaur, sementara syarat penyaluran tahap ke III, laporan realisasi serapan dana pada tahap ke I dan Kedua II minimal sudah mencapai 75%, dari Dana Desa yang diterima di RKUD telah disalurkan di Rekening Kas Desa RKD," jelasnya.

Dengan masih tertundanya pencairan tahap ke III 40 % terakhir sudah dipastikan akan berdampak pada proses penyelesaian pekerjaan fisik dilapangan menjadi terganggu, "kemungkinan besar pekerjaan fisik dilapangan tidak akan dapat selesai 100% ditahun anggaran 2018 ini, sebab proses pencairannya saja bisa memakan waktu sampai satu bulan, sementara sisa waktu tinggal dua bulan lagi, ada kemungkinan nantinya sama seperti tahun sebelumnya dimana banyak desa yang Dana Desa Silpakan, karena tidak terserap," ungkapnya.

Dikatakannya bahwa lambannya penyelesaian pembuatan SPJ oleh desa diduga akibat kurang matangnya perencanaan pembangunan yang dituangkan dalam APBD Des, sehingga waktu pelaksanaan pekerjaan dialapangan sering kali terjadi perubahan item dan jenis pekerjaan, hal itulah yang menyulitkan desa untuk membuat SPJ, Jelasnya. (Iwan)
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel