Festival Layang Layang Dohoagung Semakin Diminati Masyarakat


Gresik | www.jejakkasus.info -,
Begitu antusiasnya warga Desa Dohoagung kecamatan Balong panggang Kabupaten Gresik menonton festival layang-layang, Minggu (23/9/2018) yang di gelar di waduk Dohoagung. Maklum, festival tersebut baru dua kali digelar dan setiap tahunnya semakin menyita perhatian masyarakat. Acara digelar dua hari mulai hari Sabtu dan minggu.

Ratusan layang-layang berterbangan di langit Dohoagung benar-benar membuat warga berdecak kagum. Apalagi corak dan bentuk layang-layang yang ikut festival juga sangat beragam.

"Wah, indah sekali. Baru kali ini saya melihat festival layang-layang, ternyata seru juga ya," kata Novan, warga Kecamatan Kebomas Gresik yang ikut menyaksikan momen tersebut melalui kamera ponselnya.

Novan beserta keluarga memang tidak bisa membuat dan memainkan layang-layang. Namun ia senang menyaksikan festival layang layang di waduk Dohoagung dan semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin menyaksikan.

Untuk menyelenggarakan festival ini, Kepala Desa Dohoagung membentuk panitia lokal yang dibentuk dari pemuda Desa Dohoagung sendiri. Kepala Desa Dohoagung Warsito Adi menjelaskan, Pemdes Dohoagung bekerjasama dengan pihak terkait juga Komunitas Layang-layang yang ada di Kabupaten Gresik. Kegiatan ini diberi tajuk " Festival Layang-layang Dohoagung 2018 " .

" Setelah ini bakal ada festival layang-layang yang diselenggarakan setiap tahunnya dan acaranya dijamin lebih meriah lagi. Saya ingin acara seperti ini bisa tetap kita selenggarakan setiap tahun," terang Warsito.

Warsito menambahkan, antusiasme peserta cukup tinggi pada festival layang-layang ini. Sebanyak ratusan peserta mengikuti festival layang layang Dohoagung tahun ini.

" Tahun ini pesertanya lebih banyak dari tahun kemarin, bahkan banyak yang dari luar kota," jelasnya.
Di Kabupaten Gresik memang belum pernah diadakan festival layang layang seperti ini. Maka dari itu Desa Dohoagung Kecamatan Balong panggang ingin mengenalkan dan melestarikan budaya layang layang agar tetap bisa dikenal masyarakat.

Kawasan waduk Dohoagung merupakan lokasi yang layak dan anginnya mendukung. Hal itu berdasarkan survey dari tim panitia festival layang layang Dohoagung. Para peserta yang ikut meramaikan festival layang layang tahun ini bukan hanya warga lokal, bahkan ada yang dari Surabaya, Sidoarjo dan kota kota lainnya.

"Kami berharap festival layang layang ini menjadi event tetap di kawasan waduk Dohoagung kecamatan Balong panggang," pungkas Warsito.(Jack)
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel