Dispertan Kaur Prioritaskan Normalisasi Jaringan Irigasi Sawah Percetakan Pagulir.


WWW.JEJAKKASUS.INFI | Dinas Pertanian Kabupaten Kaur optimis lahan percetakan sawah Kecamatan Padang Guci Hilir akan tergarap 100% oleh petani diwilayah tersebut, untuk mewujudkan hal itu Dispertan terus melakukan upayah pendampingan kepada masyarakat dengan melakukan normalisasi lahan maupun saluran irigasi.

Hal tersebut disampaikan Kadis Pertanian Narur Rahman S. hut kamis (27/09/19), upayah yang dilakukan agar lahan percetakan sawah di Kecamatan Padang Guci Hilir bisa tergarap seratus persen, Dinas Pertanian terus melakukan normalisasi terhadap lahan dan saluran irigasi pada lokasi sawah percetakkan.

"kami dari dinas terus melakukan pendampingan kepada petani di hamparan areal sawah percetakan Padang Guci Hilir, dengan cara melakukan normalisasi lahan serta saluran irigasi, sekarang ini ada dua alat berat milik dinas yang stanbay di lokasi tersebut guna membantu para petani"
Katanya.

Orang yang lebih akrab sapa Long ini sangat optimis kalau lahan sawah percetakan tersebut berlahan lahan akan tergarap 100%, meskipun dalam penggarapannya berlahan lahan.

Dijelaskannya dari jumlah luas lahan sawah percetakan 140 hektar, saat ini sudah tergarap 60 hektar dan sudah memproduksi gabah dua kali musim tanam.

Akan Memprogramkan Normalisasi Irigasi Tahun 2019: Selain lokasi sawah percetakan Padang Guci Hilir, ditahun 2019 mendatang Dispertan Kaur juga akan melakukan normalisasi jaringan irigasi disejumlah hamparan sawah yang ada di Kabupaten Kaur, seperti jaringan irigasi di Kecamatan Luas, Kinal Dan Air Padang Guci.

"Semua irigasi yang sudah tidak berfungsi lagi akibat pendangkalan pada bendungannya, kita akan lakukan pengerukan dengan alat berat agar debit air bisa kembali mengalir dengan normal di kesawah masyarakat petani, hal itu akan dilakukan tahun 2019 mendatang karena anggaran oprasional beserta mobilisasi alat berat baru diusulkan, tuturnya. (Iwan)
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel