40 Personel Sabhara Polres Gresik Latihan Pemadaman Api Di Halaman Pemkab Gresik

Mabes Polri - Polda Jatim - Polres Gresik l www.jejakkasus.info, -
Banyaknya kejadian kebakaran yang semakin sering terjadi baru ini. Baik rumah, gudang maupun alang-alang yang ada di wilayah Kabupaten Gresik. Polres Gresik melakukan langkah sigap untuk menghadapi bencana kebakaran tersebut. Sebanyak 40 anggota Sat Sabhara dilatih cara memadamkan api.

Latihan tersebut digelar di halaman Pemkab Gresik bersama personel dari Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Gresik. Sebelum latihan dimulai, seluruh anggota maupun personel PMK mengikuti apel pelaksanaan. Sejumlah penjelasan terkait jenis alat pemadam beserta fungsinya dijelsskan oleh tim dari PMK.

Yang pertama dipraktikan, yaitu pemadaman api dengan cara tradisional. Personel dari PMK memperagakan cara menjinakkan api menggunakan karung goni. Langkah kaki harus diatur untuk menjaga jarak aman. Api yang menyala di dalam drum ditutup menggunakan kain goni agar bisa padam.

Selanjutnya, tim dari PMK menunjukkan cara pemadaman menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Setelah itu, anggota juga dilatih cara memadamkan api menggunakan semprotan air dari mobil pemadam kebakaran.

Anggota Sat Sabhara mengikuti peragaan yang dilakukan dari tahap awal sampai pelaksanaan. Termasuk pemadaman api menggunakan kendaraan taktis AWC milik Polres Gresik. Pembersihan dilakukan usai latihan dilaksanakan.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro SH SIK Msi kepada wartawan menjelaskan, latihan itu dilakukan untuk meningkatkan skill dan kemampuan para anggota. Terutama dalam mengatasi atau menanggulangi bencana kebakaran. Sebab, kejadian kebakaran sering terjadi di wilayah Kabupaten Gresik saat musim kemarau seperti ini.
" Latihan ini dilakukan untuk menambah skill para anggota dalam menghadapi bencana kebakaran," terang Wahyu.

Alumnus Akpol 1998 itu mencontohkan sejumlah kebakaran gudang di wilayah Kecamatan Menganti. Penyebab awalnya adalah alang-alang yang terbakar. Namun, api merambat hingga membakar gudang.
"Kebanyakan kebakaran terjadi karena kelalaian dan juga alang alang yang terbakar, itu sering terjadi," jelasnya.

Dengan adanya latihan untuk anggota Sabhara, diharapkan bisa membantu personel dari PMK untuk pemadaman. Sebab, besar kecilnya api tidak bisa diprediksi. Api bisa membesar kapan saja ketika sudah menyala.
"Karena itu, untuk mengantisipasi dan membantu petugas PMK dalam memadamkan api, anggota Polres diharapkan bisa belajar tehnik dan cara memadamkan api dengan baik," pungkas perwira dengan dua melati di pundak itu. (Jack)
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel