Hearing Soal Pasar Tanjung Kemuning,  Pemkab Kaur Dinilai Terlalu Intervensi Pedagang. 


WWW.JEJAKKASUS.INFO | BENGKULU-, Dengan adanya penertiban pedagang keliling  oleh satuan Polisi Pamog Praja terhadap para pedagang di pasar tradisional Tanjung Kemuning beberapa waktu lalu, Pengelola sekaligus pemilik lahan pasar tanjung kemuning  menilai sikap Pemkab Kaur tersebut telah mengintervensi hak para pedagang, hal itu disampaikan oleh Mawansyah,  saat melakukan hearing dengan Komisi III DPRD Kaur senin (9/07/18).


Dijelaskannya, intervensi pemerintah terhadap para pedagang keliling di pasar tanjung kemuning tersebut dapat dilihat dengan adanya penertiban serta mengharuskan pedagang untuk berjualan di pasar pemerintah pagar batu pada hari Sabtu, padahal pedagang mempunyai hak senidiri untuk menentukan dimana mereka akan berjualan, tegas Mawansyah. 


Menurutnya, tragedi terjadinya kekisruhan beberapa waktu lalu  disebabkan akibat terlalu adanya intervensi dari pemerintah, dengan cara melarang para pedagang untuk berjualan di Pasar  Desa Tanjung Kemuning II.


Sementara pindahnya pedagang keliling dari pasar pagar batu ke pasar Desa Tanjung Kemuning II itu merupakan kehendak mereka sendiri, "kami pengelola pasar pasar Desa Tanjung kemuning tidak pernah mengajak para pedagang untuk berjualan dilokasi pasar tanjung kemuning,  itu merupakan kemauan mereka sendiri" katanya. 


Dalam kesempatan itu ia juga menjelaskan, bahwa pembangunan  pasar Desa Tanjung Kemuning II dibangunan dengan menggunakan dana sendiri, dan secara aturan pasar tersebut dibangun berpedoman  peraturan menteri dan Peraturan Desa Tanjung Kemuning II, tuturnya. 


Sementara Kepala Dinas Koprindag Dan UKM Rohina, M, si, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa sejauh pasar Desa Tanjung Kemuning atau pasar keribo,  belum pernah mengajukan permohonan untuk pembuatan  izin, " sejauh ini kami belum menerima surat permohonan untuk pembuatan izin dari pihak pengelola pasar Tanjug Kemuning II" ungkap 


Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kaur Hamid, menekan kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Kaur agar segera mencari solusi terhadap masalah pasar di Tanjung Kemuning, sebab masalah ini sudah berlarut larut bahkan sudah menimbulkan keributan,  oleh karena itu Pemerintah Daerah sudah seharusnya mencari jalan keluar dengan harapan apapun solusinya nanti tidak merugikan disalah satu pihak, tegasnya. (Iwan) 
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel