Redaksi: Selamat Hari lahir Pancasila 2018



WWW.JEJAKKASUS.INFO | JAKARTA, Sekarang banyak prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima bilangnya. Namun bukan panca dharma, tetapi saya namakan ini dengan dengan petunjuk seseorang temna ahli bahasa, namanya ialah pancasila. Sila artinya azas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mandirikan negara Indonesia, kekal dan abadi. ~ Ir. Soekarno

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan") pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK tersebut. Sejak tahun 2017, hari tersebut resmi menjadi hari libur nasional.

Tentu kita tahu bahwa Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara yang kita cintai ini, Indonesia. Pancasila di ambil dari bahasa Sanskerta: pañca yang berarti lima dan śīla berarti prinsip, asas atau dasar. Pancasila di susun dan dirumuskan oleh para pendiri bangsa sebagai pedoman kehidupan untuk kita rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Adapun ke lima sila dalam Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hari Pancasila merupakan hari lahirnya Pancasila sebagai satu-satunya ideologi dan dasar negara yang hanya dimiliki oleh Indonesia di dunia ini. Pancasila adalah kebanggaan negeri dan rakyat Indonesia. Kami atas nama Rakyat Indonesia dan segenap jajaran Redaksi mengucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2018 bagi seluruh Bangsa Indonesia.

Pancasila itu keberagaman, keberagaman yang dihormati oleh dunia. Saya Indonesia. Saya Pancasila.

Selamat hari Lahir Pancasila. Teruskan cita-cita luhur pendiri bangsa, jangan sampai pancasila hanya menjadi legenda semata.

Beda Agama, beda Bahasa, beda Warna Kulit, Tapi satu dalam Jiwa Indonesia dan Semangat Pancasila.

Tangguhkan semangat kebhinnekaan. Jaga kesatuan dan persatuan NKRI. Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila itu ideeologi bangsa dan negara. Ideologi semua untuk semua, bukan golongan tertentu saja. Ideologi kita yang satu dan mempersatukan kita yang berbeda-beda.

Mari jadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, kita dimampukan untuk semakin membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Redaksi: Selamat Hari lahir Pancasila 2018

https://detikkasus.com/redaksi-selamat-hari-lahir-pancasila-2018/

Lewat Pancasila, kita yang terdiri beragam suku, budaya, bahasa dan agama dapat bersatu dalam satu atap, Indonesia.

Merdeka!!!Merdeka!!!Merdeka!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel