Semangat Kebersamaan Tim XVI Safari Ramadhan Menuju Mesjid Nurul Hikmah


WWW.JEJAKLASUS.INFO | Serdang Bedagai
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Tim XVI safari ramadhan kabupaten Serdang Bedagai pada bulan suci tahun 1439/2018 ini kembali mengunjungi Mesjid Nurul Hikmah Dusun IV Desa Tinokkah Kecamatan Sipis pis yang dibentuk dan dijadwal bergerak untuk melakukan kunjungan silaturrahmi dalam rangka ‘rihlah’ dan sekaligus beribadah jamaah bersama masyarakat dalam suasana bulan yang penuh ukhuwah dan penuh pencapaian rahmah, maghfirah serta barokah Allah Swt, itu.
Tim XVI dipimpin langsung Kepala Dinas Pendidikan Drs Jhony walker Manik MM,turut hadir Sekretaris Dinas pendidikan Drs.Suriadi,Tokoh agama dan masyarakat.
Tim juga menyertakan penceramah serta imam yang terdiri dari tokoh agama dan tokoh masyarakat kecamatan Sipis pis. Diantaranya tokoh adalah: H.Azrai Purba S,Pd.I .

Jadwal Kedua pada hari Kamis (24/5) malam ke-8 ramadhan Banyak kesan dan pengalaman yang didapat dalam kunjungan Tim XVI safari di Pemukiman Tinokkah itu. Medan yang penuh tantangan terasa tidak begitu menjadi hambatan bagi semua personil yang ikut dalam Tim XVI safari. Selain dari sambutan ramah warga masyarakat pedalaman juga semangat yang tinggi para ‘rijalud-dakwah’ ramadhan dari kecamatan itu, menjadi spirit tersendiri dalam menambah semangat kebersamaan.
“Kesan jaraknya lokasi yang dituju terasa sangat dekat, karena dilandasi niat yang ikhlas serta semangat kebersamaan yang tinggi dalam menjalin silaturrahmi untuk kemaslahatan umat,” demikian ujar
Kadisdik sergai Drs Jhony Walker Manik MM, bersama masyarakat shalat taraweh di mesjid Nurul Hikmah, ..
Sungguh, betapa banyak hal-hal indah yang sangat mengesankan dalam kunjungan-kunjungan tim XVIsafari Pemkab Sergai. Terutama bagi peserta safari. Semangat jalinan silaturrahmi, baik dari yang mendatangi maupun yang menyambutnya. Sambutan hangat warga masyarakat Sipis pis yang begitu akrab dan bersahabat, mengikis rasa lelah manakala rute perjalanan yang begitu jauh dan berjarak. Luluh rasa lelah, saat mana hati terasa dekat dan tangan berjabat.
Hal lain yang juga mengesankan dan penuh kenangan adalah, ketika menuju kampung yang akan dikunjungi, waktu ‘maghrib-nya’ ketemu di jalan dan di tengah hutan, maka
Keceriaan dan semangat kebersamaan dalam rihlah sekaligus beribadah itu menjadi kesan tersendiri dalam melaksanakan safari ramadhan. Meski terkadang masih banyak hal yang perlu untuk menjadi catatan dan perhatian semua pihak, terutama dalam bagamana upaya bersama segala elemen masyarakat memakmurkan sarana ibadah dengan melibatkan generasi harapan umat di masa depan.
Terperti tersirat dan terucap dalam pesan Kadisdik sergai Drs Jhony Walker Manik MM pada setiap kesempatan kunjungan: “Agar semua kita memberikan perhatian khusus kepada generasi muda yg agak menjauh dari sarana ibadah, mereka lebih memilih ‘masjid’ al-tiada (atau tidak ikut shalat, dan tidak taraweh) ketimbang di masjid al-Suhada,” ujarnya.
Memang, mesti kita akui masih ada anak-anak muda yang dengan semangat keagamaannya memakmurkan masjid dimana-mana; namun masih banyak juga yang perlu kita rangkul, kita ajak dengan bijak dan kesadaran untuk bagaimana cinta ibadah dan berkepentingan dengan kemaslahatan umat. Suatu aktifitas peningkatan iman dan amal shaleh demi kebahagiaan di dunia dan hari akhir nanti.
Menuju Tinokkah Sipis pis semua pihak musti terlibat. Umara, ulama, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan juga masyarakat dan juga segenap unsur sarak opat harus sepakat. Aktifis umat, cerdik pandai dan berbagai elemen masyarakat musti sama-sama memiliki minat dan niat baik ber-itikad memberikan yang terbaik bagi kemaslahatan umat. Demikian pesan dari salah satu penceramah yang ikut dalam kegiatan safari ramadhan kecamatan.(@$)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel