Pemkab Nisbar Adakan Perayaan Hari Jadi Ke-9 Tahun 2018.


NISBAR, JejakKasus.info - Pemerintah Kabupaten Nias Barat Provinsi Sumatera Utara rayakan hari jadinya Ulang Tahun Kabupaten Nias Barat. Acara Perayaan Hari jadinya Nias Barat ke-9 yang beralokasi di Halaman Kantor Bupati Nias Barat Pada tanggal 26/05/18.


Acara tersebut di hadiri oleh Pimpinan Daerah Kabupaten Nias Barat dalam hal ini Bupati Nias Barat (Faduhusi Daely, S.Pd-bersama Ibu), dan Wakil Bupati Nias Barat (Khenoki Waruwu-bersama Ibu), Kapolres Nias (AKBP Deni Kurniwan, S.IK.,MH), Mewakili Bupati Nias Utara,

Mewakili Danlanal Mayor Laut Ruru Prasetyo), Mantan Anggota DPR RI (Firman Jaya Daeli, SH), Tokoh Nias Barat (Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Sc),


Mantan Kadis Pendikbud Prov. SUMUT (Drs. Taroni Hia), Ketua DPRD Nias Barat (Ir. Nitema Gulo, M.Si), Ketua DPP Ormas SALOM (Ir. Yasiduhu Gulo), Ibu Ina Vandel J Daeli, Mewakili Kajari Gunungsitoli, Mewakili Ketua PN Gunungsitoli, Mewakili Kapolres Nias Selatan, Mewakili Kodim Nias, Mewakili Pemkab Nias, Mewalili Pemkab Nias Selatan, Mewakili Pemkab Kota Gunungsitoli, Mewakili Rektor Univ. Parahyangan Bandung, Mantan Sekda Nias (Drs. Fg. Marthin Zebua), Pimpinan & Anggota DPRD Nias Barat, Ephorus ONKP (Pdt. Saradodo Gulo, S.Th), Sekda Nias Barat (Saba'eli Gulo, S.IP), Mantan Sekda Nias Barat (Zemi Gulo, SH), Pimpinan OPD, Camat, Danramil (Wilkum Nias Barat), Kapolsek (Wilkum Nias Barat), Tokoh Masyarakar Kab. Nias Barat (Balugu), Para Kepala Desa se-Kab. Nias Barat dan segenap masyarakat Nias Barat.

Acara tersebut diawali dengan Fangowai (Bahasa Nias) (penghormatan) kepada Tamu & Undangan, oleh para Tokoh Masyarakat dilanjutkan dengan pemberian sekapur sirih oleh Tim Sanggar Budaya Nias Barat.
Selanjutnya Upacara Hari Jadi Kab. Nias Barat yang ke-9 Tahun 2018;

Tampil sebagai Inspektur Upacara Bupati Nias Barat dan Komandan Upacara oleh Koramil 08 Mandrehe. Dalam Upacara ini di isi dengan Pengibaran dan Penghormatan Kepada Bendera Daerah Kabupaten Nias Barat dan diakhiri pemukulan Gong sebanyak 9 (sembilan) kali oleh Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kab. Nias Barat.

Ketika selesai upacara, dilanjutkan Penampilan 10 Finalis Putri Pariwisata 2018, seterusnya Laporan Ketua Panitia oleh Sekda Nias Barat (Saba'eli Gulo, S.IP) dimana beliau menyampaikan bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan sebagai pra HUT Nias Barat ke-9 kali ini antara lain Dialog Publik Penyusunan Sejarah Pembentukan Kabupaten Nias Barat, Pemilihan Putri Pariwisata, Senam Bugar Jasmani dan Pengobatan Gratis, ujar Sekda Saba’eli Gulo.

Ibadah di Pimpin oleh Ephorus ONKP (Pdt. Saradodo Gulo, S.Th) dan dirangkai dengan Doa Syafaat oleh denominasi Gereja/Agama yang ada di Kabupaten Nias Barat.

Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai Sejarah; Oleh Tokoh Masyarakat Nias Barat Drs. Fg. Marthin Zebua membacakan sejarah singkat Pembentukan Kabupaten Nias Barat.

Sambutan mewakili FORKOMPIDA KepNias oleh Kapolres Nias AKBP Deni Kurniwan, S.IK.,MH mengatakan bahwa angka 9 merupakan tonggak dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat. Antusias masyarakat dalam memeriahkan acara ini, dan inilah bukti bahwa masyarakat Nias Barat begitu sayang dan mencintai Nias Barat dengan penuh harapan akan kesejahteraan bersama. Sebagai orang baru di Pulau Nias, saya sangat takjub melihat keindahan alam Pulau Nias, masyarakatnya yang ramah dan sangat toleran. Saya percaya bahwa Kab. Nias Barat tidak lama lagi Kab. Nias Barat akan sejajar dengan daerah-daerah lain yag sudah maju,
Turur.... Kapolres.

Ketua DPP Ormas SALOM Ir. Yasiduhu Gulo dimana beliau sangat apresiasi Pemerintah Kab. Nias Barat yang setiap tahun-nya memperingati Hari Jadi KabupatenNias Barat Itu bukti kecintaan kita terhadap Kabupaten Nias Barat.

Sambutan mewakili Masyarakat Pulau Nias Firman Jaya Daeli, SH dimana beliau sentil sejenak pelantikan Bupati Nias Barat yang ada dua kali dilaksanakan di Pusat RI; sekali waktu Pj. Bupati Nias Barat dan sekali saat Memenangkan PiLKADA Tahun 2016 kemarin, itu artinya bahwa Bupati Nias Barat ada nilai beda dengan Kepala-kepala daerah lain, Tutur...mFirman Jaya Daeli.

Lebih lanjut FirmanJaya Daeli mengatakan bahwa baru-baru ini telah dilaksanakan Seminar Nasional Diselenggarakan Ormas Ikatan Keluarga Nias (IKN) Yogyakarta, pada hari Sabtu, 19 Mei 2018 di Hotel Sahid, Yogyakarta. Pada Forum tersebut tidak semata-mata membicarakan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias, tetapi membahas bagaimana Pulau Nias hari ini dan seterusnya dengan pertinbangan-pertimbangan strategis. Ada sejumlah hal penting yang patut dipertimbangkan seperti Aspek Pertahanan dengan Geo Politik, Aspek “Pembangunan Indonesia Berbasis Kawasan (Kepulauan) Dan Perspektif Perekonomian Indonesia (Nawacita)”. Otonomi Daerah Sebagai Solusi Pembangunan Daerah Dan Kawasan Strategis (Kepulauan)”. kemudian “Kebijakan Pengelolaan Ekonomi Dan Industri Berbasis Kawasan (Kepulauan) Dan Penguatan Daerah Otonom”. Demikian juga "Pengembangan Kepulauan Nias Dan Pembangunan Kawasan Strategis Di Indonesia”. "Pembangunan Kualitas Sumber Daya Manusia Warga Kepulauan Nias”. “Perkembangan Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias”. "Urgensi Menjadi Provinsi Kepulauan Nias Dari Perspektif Millineal”. Semua itu sudah dicatat oleh Prof. Dr. Sri Adiningsih, MSc (Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI) Sebagai Keynote Speaker, papar FJD

Kita harus Fokus membangun jaringan; Jangan sembarangan pejabat kita membangun jaringan, karena tidak fokus nanti, tetapi lihat Pejabat atau Kementrian yang ada relefansinya terhadap pembangunan Pulau Nias, ujar Firman Jaya Daeli.
Sambutan Ketua DPRD Nias Barat Ir. Nitema Gulo, M.Si mengatakan bahwa membangun Kabupaten Nias Barat harus dengan semangat persatuan dan kesatuan serta kemampuan kita dalam penyerapan anggaran dengan benar serta reformasi birokrasi di jajaran Pemerintah Daerah yang profesional dan akuntable, ujar Nitema Gulo.

Arahan dan bimbingan Bupati Nias Barat yang menjelaskan bahwa " Memperingati hari jadi secara Filosofis bermakna Retro Spektif yaitu dengan sebuah peringatan hari jadi kita berupaya utk melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah "fondasi" yg sgt bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan, intropeksi artinya peringatan hari jadi kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau intropeksi diri; dengan demikian setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan kedepan, ujar Bupati.

Lebih lanjut dikatakan Bupati bahwa Prospektif artinya melalui perayaan hari jadi kita berupaya mendesign atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realitas dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah dimasa lalu, ujar Bupati.

Pada kesempatan ini; saya menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada para Tokoh Pejuang Kab. Nias Barat dan kepada para Mantan Pejabat Bupati Nias Barat dan Mantan Bupati& Wakil Bupati Nias Barat serta para Mantan Anggota Dewan yang telah memberikan kontribusi melalui kiprah dan Karya dalam membangun Kabupaten Nias Barat tercinta, ujar Bupati.

Dalam usianya yang ke-9, Kabupaten Nias Barat terus menerus berbenah diri diberbagai aspek baik pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik (spritual) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujar Bupati mengakhiri.

Diakhir arahan Bupati Nias Barat dilaksanakan Penandatanganan MOU antara Pemkab Nias Barat dengan Univ. Parahyangan Bandung dan diakhiri dengan Pemotongan Kue Ulang Tahun Nias Barat ke-9 Tahun 2018 oleh Bupati Nias Barat dan Wakil Bupati Nias Barat serta Ketua DPRD Kab. Nias Barat.

Acara ini juga dirangkai dengan "pemberian bingkisan" kepada para penghibah tanah (lokasi) Kabupaten Nias Barat sebagai apresiasi dan ucapan terimakasih dari Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Acara dilanjutkan dengan berbagai antraksi dan penampilan dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Nias Barat. (Okta Ndraha)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel