Pemkab Nias Selatan dan BNNK Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba


NIAS SELATAN, JejakKasus.info - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nias menggelar penyuluhan bahaya Narkoba di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nias Selatan di Jalan Diponegoro, Nari-Nari Telukdalam.

Penyuluhan tersebut, turut hadir sebagai narasumber adalah Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang Deputi Bidang Pemberantas Badan Narkotika Nasional Brigjen Pol. Drs. Bahagia Dakhi, SH. MH, dimana beliau merupakan putra Nias Selatan pertama menjadi Perwira Tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Materi pada penyuluhan ini adalah Perkembangan Kejahatan Narkoba dan Penanggulangannya di Indonesia yang di Moderatori oleh Kepala BNNK Nias AKBP Faduhusi Zendrato, SH. MH.


Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH. MH mengatakan penggunaan narkoba dikalangan generasi penerus merupakan perilaku kejahatan yang dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini.

Para mahasiswa dan mahasiswi Nias Selatan merupakan generasi penurus di Kabupaten Nias Selatan. Seketika generasi penerus ini hancur dengan narkoba, akibatnya generasi harapan bangsa dan khusunya Kabupaten Nias Selatan yang tangguh serta cerdas hanya akan tinggal kenangan. “Saya mengharapkan kepada kita semua secara khususnya kepada para mahasiswa dan mahasiswi Nias Selatan yang merupakan harapan kita dimasa depan agar mendengarkan penyuluhan ini dengan benar-benar”, harap Bupati Nias Selatan.

Sedangkan pada penyampaian materi Perkembangan Kejahatan Narkoba dan Penanggulangannya di Indonesia yang disampaikan Brigjen Pol. Drs. Bahagia Dakhi, SH. MH mengatakan pelaku pengedar narkoba melaksanakan reaksi penyeludupan malalui jalur laut dan di bandara-bandara. Pada jaman sekarang ini, pengedar menjalankan kejahatannya dengan memanfaatkan anak-anak dan remaja sebagai bagian dari jaringannya dan untuk dikonsumsikan. Beliau juga menambahkan, cara menghindari dan menjauhkan anak-anak dan remaja tentang bahaya narkoba adalah peran keluarga dalam mengawasi pergaulan anaknya dilingkungan sosial dan memberi pemahaman bahaya narkoba.
Kerena keluargalah yang merupakan benteng pertahanan utama dalam mencegah dan menjauhkan anak-anak dan remaja dari ancaman bahaya narkoba.

Untuk kalangan masyarakat beliau bepesan kepada BBNK Nias agar menjalin kerja sama kepada instansi dan lembaga di Nias Selatan agar terus disosialisasikan dan diharapkan agar dipasang baliho-baliho tentang bahaya narkoba.


Sedangkan Kepala BNNK Nias mengatakan berdasarkan data Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Medan bahwa Kabupaten Nias Selatan merupakan terbanyak dalam mengkonsumsikan narkoba se-Kepulauan Nias. Sedangkan peredaran narkoba yang masuk di Kepalauan Nias dengan menggunakan jalur laut. “kami mengiformasikan kepada kita bahwa di Kepulauan Nias sudah beredar narkoba jenis ekstasi bentuk permen dan permern susu”, kata AKBP Faduhusi Zendrato, SH. MH.

Untuk lebih meyakinkan bahaya narkoba kepada para peserta, BNNK memutarkan beberapa video pendek perilaku kejahatan yang mengkonsumsikan narkoba. Menanggapi pesan Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang Deputi Bidang Pemberantas Badan Narkotika Nasional dalam hal sosialiasasi bahaya narkoba dikalangan masyarakat, Kepala BBNK Nias bersedia menjalin kerjasama kepada instasni dan lembaga yang ada di Nias Selatan untuk mensosialisasikan tentang bahaya narkoba.

Pada penyuluhan ini turur dihadiri Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM, Ketua Yayasan Pendidikan Nias Selatan Bambowo laiya, MA, para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ketua DPW BAKORNAS GMDM Nias Selatan Setya Mewengkang, PNS/ASN, para Dosen STKIP/STIE Nias Selatan, Tenaga Harian Lepas (THL), para Mahasiswa STKIP/STIE Nias Selatan. (Okta Ndraha)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel